DROPDOWN MENU

Gadget Text

TIPS & TRIK CARA MEMBUAT STIKER TIMBUL (DOME STICKER), MENGEPRINT STIKER VINYL/MIKA DENGAN PRINTER DESKTOP BIASA, DAN SERBA-SERBA MENCETAK GAMBAR DIGITAL DI KAOS

TERTARIK? SILAHKAN KLIK LINK 1 (STIKER TIMBUL), LINK 2 (PRINT DI VINYL/MIKA) DAN LINK 3 (CETAK KAOS DIGITAL)
INFO DAN KONSULTASI HUBUNGI 082139434212 ATAU VIA BBM PIN 54F48CC2

Sabtu, 11 Februari 2012

MENGENAL & MEMBUAT STICKER DIGITAL

Sticker digital adalah sticker yang dicetak menggunakan mesin cetak digital. Sticker digital memiliki kelebihan dibandingkan sticker sablon atau offset sebagai berikut :

  1. Warna tidak terbatas, bisa gradasi, bisa full color, bisa cetak photo
  2. Bisa cetak dalam berbagai ukuran dan jumlah. Misal dalam ukuran kertas A4 kita bisa mencetak 10 macam jenis gambar dengan berbagai ukuran.
  3. Proses cetaknya sangat mudah. Anda tinggal mendesign sticker menggunakan software seperti corel, photoshop, ilustrattor, freehand, dll kemudia cetak menggunakan mesin cetak digital.
  4. Hasil cetakan bisa mencapai resolusi photo sehingga sticker akan lebih keren.
  5. Waktu pengerjaan jauh lebih singkat dan cepat dibandingkan metode sablon manual atau offset.
Kalo ada kelebihannya pasti ada kekurangannya, ini beberapa kekurangan sticker digital dan pemecahannya :
  1. Hasil cetakan tidak sekuat sablon manual, rata-rata umur sticker digital adalah 1 tahun. Jika anda menginginkan umur yang lebih panjang maka gunakan tinta atau toner yang berkualitas (original lebih disarankan) dan pastikan tinta yang anda gunakan adalah tinta yang tahan air dan bisa digunakan untuk outdoor seperti tinta solvent, ecosolvent, latex, mild solvent dan sebagainya. Selain tinta yang bagus untuk memperkuat daya tahan sticker digital maka anda bisa melakukan laminasi, laminasi selain mereduksi sinar uv yang bisa membuat tinta buram juga melindungi sticker digital dari air, zat kimia, goresan dan berbagai kontak yang bisa merusak gambar sticker. Satu lagi yang harus anda perhatikan dalam hal ini adalah bahan, tentunya jika anda menginginkan sticker yang awet gunakanlah bahan yang berkualitas semisal vinyl atau sintetic paper yang memang tahan panas dan air, jangan menggunakan sticker hvs, sticker kromo untuk keperluan outdoor.
  2. Hasil cetakan tidak sehalus sablon manual atau offset, masalah ini sebenarnya bukan karena metodenya tapi lebih dikarenakan mesin cetak digital yang kita pakai. Sticker digital pada umumnya harus dicetak dalam resolusi tinggi sehingga mesin yang kita gunakan juga harus memiliki resolusi tinggi seperti ROLAND, MIMAKI, MUTOH dan atau FUJIXEROX (mesin-mesin yang saya sebutkan ini sudah RONIta uji dan kami sangat merekomendasikan ROLAND untuk mesin berbasis tinta dan FUJIXEROX untuk mesin berbasis toner). Sebagai catatan hasil cetakan sticker digital RONIta mampu sehalus dan setajam offset ataupun sablon manual, sekali lagi hal ini ditentukan oleh mesin dan operator.
  3. Harga lebih mahal dibandingkan metode sablon manual atau offset, kalo kita pikir wajar dong harganya lebih mahal karena prosesnya lebih mudah dan hasilnya sangat bagus.
Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk mencetak STICKER DIGITAL :
  1. Vinyl, merupakan bahan semacam plastik yang memiliki kelenturan sehingga mudah dipasang, vinyl sendiri dibagi menjadi dua yaitu calendered vinyl dan cast vinyl. Calendered vinyl relatif lebih tebal dan lebih murah dibandingkan cast vinyl. Cast vinyl lebih sering digunakan untuk media yang memiliki lengkung atau tekukan atau media-media yang banyak gelombangnya. Harga cast vinyl lebih mahal dibandingkan calendered vinyl, untuk itu pastikan vinyl yang anda pakai sesuai dengan media yang akan anda tempelin sticker.
  2. Sintetic paper, merupakan bahan sticker semacam plastik juga tapi lebih kuat dan lebih tahan panas dibandingkan vinyl, ada juga yang menyebutnya sticker yupo. Sticker ini memiliki sifat doff atau matte atau tidak mengkilat seperti sticker vinyl. Sticker ini tidak seelastis vinyl oleh karena itu tidak disarankan untuk media yang lengkung. Sticker ini banyak digunakan untuk label, sticker merk…pokoknya jika anda menginginkan sticker yang jauh lebih kuat dan ekstrim pemakaiannya maka sticker ini sangat direkomendasikan.
  3. Sticker HVS dan KROMO, sticker ini hanya cocok untuk INDOOOR…jangan maksaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaain untuk OUTDOOOOOOR ya…terus terang suka kesal aja kalo ada orang yang dibilangin tapi ngeyel..he he he.
MESIN APA SIH YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK MENCETAK STICKER DIGITAL?
Pada umumnya semua mesin printer bisa digunakan untuk mencetak sticker digital, mulai dari mesin printer desktop sampai mesin yang segede gajah juga bisa TAPI JIKA ANDA MENGINGINKAN MESIN YANG BISA CETAK STICKER DIGITAL UNTUK INDOOR OUTDOOR maka inilah mesinnya :
  1. MESIN ROLAND, berbasis tinta,terus terang ini adalah mesin favorit kami karena hasil cetaknya bagus, biaya produksinya murah dan penggunaannya sangat mudah (tidak ribet dan tidak merepotkan). Kalo untuk jenisnya apa silakan dibaca-baca postingan kita di blog ini ya…capek kalo ditulis lagi disini (ntar dikirain promosi terus…capek deh)
  2. MESIN FUJIXEROX, berbasis toner, ini juga mesin favorit kami untuk mesin yang berbasis toner alasannya sih sama dengan alasan di atas kenapa kok RONIta suka. Trus pertanyaannya sudah punya ROLAND kenapa kok masih suka FUJIXEROX?. Pertanyaan yang bagus, begitulah manusia, punya satu tak cukup harus punya dua (he he he bercanda). Alasannya ada beberapa media sticker yang tidak bisa diprint di roland tapi bisa di fujixerox dan begitu juga sebalikanya, trus alasan lain lagi adalah ketika MENCETAK DALAM UKURAN KECIL dibawah 5 cm seperti label, sticker garansi hasil FUJIXEROX lebih bagus dibandingkan ROLAND atau mesin seperti MIMAKI, MUTOH, STARJET, dll. Tahu sendirilah mesin laser kan emang jago kalo untuk mencetak huruf-huruf kecil ataupun gambar2 kecil.
  3. Mesin mesin lain yang bisa cetak sticker tapi saya tidak mau membahasnya karena saya tidak memilikinya..daripada ntar saya salah bisa digampar ama yang punya merk deh…he he he…yaitu mimaki, mutoh, starjet, myjet, crytal jet, epson, hp, dll.
APA SAJA FINISHING di dalam proses cetak sticker digital ?
Finishing adalah proses terakhir dari kegiatan mencetak, finishing ini bertujuan untuk mempercantik hasil cetakan, kalo dibaratkan di make up gitu loh agar lebih ciamik lagi stickernya….beberapa finishing yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Laminasi, ini yang paling umum dilakukan, laminasi bisa glossy bisa doff, biasanya menggunakan mesin laminasi dingin karena lebih awet dan aman dibandingkan laminasi panas.
  2. Clear coating, yaitu proses coating menggunakan cairan semacam cat transparan lebih ribet dibandingkan laminasi tapi lebih kuat. Kalo saya lebih suka menggunakan clear coating untuk sticker ukuran kecil
  3. CUTTING, ini dia finishing yang paling keren menurut saya karena dengan cutting kita bisa membuat sticker terpotong sesuai polanya jadi lebih bagus gitu lo. Mesin apa aja yang biasa digunakan untuk melakukan proses ini? ya tentunya mesin cutting ploter yang memiliki eye optic atau sensor optic seperti roland, mimaki, graphtec. Kalo untuk urusan mesin cutting saya lebih suka MIMAKI karena bisa potong tembus gitu lo dan udah gitu hasilnya juga bagus.
Sticker tersebut saya cetak menggunakan mesin fujixerox 2270 di bahan sticker sintetis. Bayangkan dengan kertas A4 saja kita sudah bisa mencetak sticker digital dengan berbagai gambar dan warna. Apakah anda sanggup menyablonnya.

Sticker di atas saya cutting sesuai pola menggunakan mesin mimaki kesayangan saya sehingga sticker menjadi lebih keren kan?!!!.

PELUANG USAHA STICKER DIGITAL
Apakah sticker digital bisa dijadikan lahan usaha? jawabannya pasti iya dong… usaha sticker sangat menguntungkan karena segmen pasarnya sangat luas mulai dari anak-anak, orang tua sampai perusahaan2 juga membutuhkan sticker.
Modalnya besar kagak? modal bisa mulai dari 10jt sampai ratusan juta..tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan kantong kita…yang penting dan selalu diingat sticker digital harus berkualitas…
Capek juga nulis segitu banyak…nanti disambung lagi ya…by Mr. Sticker…

Sumber: http://stickerdigital.com/mengenal-membuat-sticker-digital-by-ronita.html

1 komentar:

Terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan lupa berkomentar ya......