DROPDOWN MENU

Gadget Text

TIPS & TRIK CARA MEMBUAT STIKER TIMBUL (DOME STICKER), MENGEPRINT STIKER VINYL/MIKA DENGAN PRINTER DESKTOP BIASA, DAN SERBA-SERBA MENCETAK GAMBAR DIGITAL DI KAOS

TERTARIK? SILAHKAN KLIK LINK 1 (STIKER TIMBUL), LINK 2 (PRINT DI VINYL/MIKA) DAN LINK 3 (CETAK KAOS DIGITAL)
INFO DAN KONSULTASI HUBUNGI 082139434212 ATAU VIA BBM PIN 54F48CC2

Sabtu, 18 Februari 2012

MENGENAL & MEMBUAT STICKER DECAL

     Kami ingin menjelaskan gambaran umum tentang apa itu sebenarnya kertas decal (water slide decal transfer). Kertas decal itu adalah sebuah media transfer terbuat dari kertas yang sangat menyerap air dan diatasnya ada semacam lapisan lem / zat kimia yang kami sebut dengan “acasia glue”. yaitu zat / lem khusus sebagai media perekat yang nanti berguna sebagai peseluncur & perekat gambar yang dibuat dari goresan atau semprotan tinta yang dicetak diatas kertas tersebut. dan gambar yang dibuat diatas kertas tersebut dapat terpisah dengan kertas dengan proses perendaman di air. (Jadi hasil dari pencetakan kita harus dapat membentuk sebuah lapisan tipis yang solid sehingga nanti dapat terlepas keseluruhan secara bersamaan pada saat proses perendaman diair).

     Kertas decal itu biasanya dipakai sebagai perantara dalam pencetakan gambar dekorasi yang permukaan bendanya tidak rata sehingga sulit untuk disablon atau dicetak gambar secara langsung. seperti: mug keramik (porcelain), mobil kits, robot kits, helm, tatto temporary, hiasan di kayu, dan media berkontur lainnya. Jenis tinta yang dipakai juga beraneka ragam sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Contohnya untuk keramik, karena keramik harus dibakar dalam suhu 800 - 1200 derajat, berarti harus menggunakan tinta / pewarna khusus yang tahan terhadap pembakaran, dan pewarna jenis ini pada umumnya menggunakan sistem sablon (screen printing). (Pewarna keramik pada umumnya berbentuk serbuk dan harus dicampur dengan medium sebelum diaplikasikan)

     Pada dasarnya proses pembuatan gambar diatas kertas decal adalah menggunakan teknik sablon (screen printing). dan jika ada yang menggunakan Printer, berarti kertas decal telah diberi lapisan dasar (pre-coated) yang dapat dicetak oleh Printer (Inkjet ataupun Laser Printer). Dan jenis “Pre-coated” tersebut pada umumnya ada 2 jenis yaitu “clear pre-coated” dan “white pre-coated”. (Banyak Toko-toko Hobby yang sudah me Reproduksi kembali kertas decal Original dengan memberi sebuah lapisan dasar seperti lapisan bening yang mereka sebut “Decal precoated transparant” atau yang berwarna putih yang mereka namai “Decal preacoated white” baik itu yang compatible untuk inkjet maupun laser printer dan mereka menjual jenis kertas decal ini menjadi lebih mahal )
    
     Dalam pengaplikasiannya, untuk hasil cetakan akhir biasanya setelah disablon / di cetak gambar harus di berikan sebuah lapisan pernish bening (lacquer) yang disebut transparant cover coating / overlay (atau disebut OPL, biasanya dipakai sejenis cat resin bening /transparan ), disapukan merata membentuk lapisan tipis agar hasil cetakan tergabung (tidak buyar) dan juga melindungi tinta agar tidak luntur ketika proses perendaman air. Sesuai dengan namanya. “Water Slide transfer paper”. maka cara kerja kertas ini adalah menggunakan perendaman air. Setelah gambar jadi dan siap serta di beri lapisan cover coating /OPL (pakai screen sablon maupun di-spray, dsb) dan kering. lalu kertas tersebut direndam dalam air (lebih baik air hangat), dan dalam waktu 10 sampai 15 detik, maka kertas akan terpisah dengan lapisan gambar dan gambar dapat terpisah dari kertas dengan cara di “slide” atau diseluncurkan. dan gambar itu yang ditempelkan pada objek. terus diratakan dan air yang terkandung  harus dikeringkan. MAKANYA DISEBUT Water Slide transfer paper
    
     Kalau untuk helm, furniture dan aplikasi sejenisnya sepengetahuan kami menggunakan teknik sablon (screen printing) lebih baik. Karena permukaan helm tidak datar (alias berkontur) tidak bisa disablon secara langsung maka dipakailah Decal transfer paper ini sebagai media transfer.
    
     Cara pemakaian : Pertama - sablon / cetak gambar yang ingin dibuat diatas helm keatas kertas decal, setelah hasil cetak gambar jadi dan kering diberi lapisan clear coating (cat bening) agar hasil gambar yang disablon menyatu dan dapat pindah dengan sempurna nantinya. Untuk helm biasanya cat yang digunakan menggunakan cat jenis “Acrylic” atau cat yang dipakai compatible dengan aplikasi tersebut (cat disesuaikan dengan media aplikasi)
    
     Setelah kering baru tinggal proses transfer. caranya : potong kertas decal hasil gambar sesuai dengan gambar yang diiginkan. lalu celup & rendam dalam air (lebih bagus air hangat) kurang lebih 10 sampai 15 detik. maka gambar dapat terpisah dengan cara diseluncurkan (sliding) dan langsung ditempel kepermukaan helm. dan keringkan air dengan hati-hati agar gambar tidak rusak. dan ratakan gambar sesuai dengan posisi yang kita inginkan. setelah air benar-benar kering, kita bisa semprotkan clear coating (cat bening) keatas permukaan helm agar gambar lebih menyatu dengan helm. begitu kira-kira gambarannya. Mungkin ini saja yang dapat kami jelaskan. atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

PS:
TIDAK DIREKOMENDASIKAN MENGGUNAKAN INKJET PRINTER, TAPI JIKA INGIN MENCOBA UNTUK PROSES DENGAN PRINTING INKJET PRINTER DISARANKAN DIBERI LAPISAN (COATING) DASAR DULU BARU DIPRINT (YANG PENTING TINTA HARUS BISA TAHAN AIR DAN TIDAK MELEBER). KARENA HASIL INKJET PRINTING PADA UMUMNYA AKAN MELEBER PADA SAAT BERSENTUHAN DENGAN KERTAS DECAL AKIBAT DARI SIFAT KERTAS DECAL YANG SANGAT MENYERAP BENDA CAIR.
KARENA PADA UMUMNYA INKJET PRINTER MENGGUNAKAN TINTA WATER BASED JADI SEWAKTU PERENDAMAN AIR KEMUNGKINAN LUNTUR JUGA SANGAT BESAR (MAKA HARUS DITIMPA LAPISAN COATING LAGI SECARA BERULANG) DAN MENGGUNAKAN COATING DASAR YANG ANTI AIR & BISA DI PRINTING.

Sumber: http://www.takumpu.com/menu.php?idx=70


9 komentar:

  1. saya mau nanya nih ttg cairan coating sublimasi yg dipake untk sablon digital di mug. bisa gak kalo cairan coatingnya kita buat sendiri?bahan2 dasarnya apa sih cairan coating tersebut?thx bgt infonya… (Dewa, Serpong)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cairan coating bsa dibuat sendiri..akan tetapi kalo bahan2nya apa kita juga tidak tahu..kalo ingin mengetahui kandungan dari suatu cairan bisa ke lab seperti sucofindo atau sejenisnya..akan tetapi dari buku2 yg saya baca..coating bahan utamanya adalah poliureten…dulu kita pernah buat coating untuk melapisi hasil cetakan agar lebih tahan air dan mengkilat atau glossy..kita menggunakan cat warna glossy kemudian dicampur dengan tinner..2 bahan ini banyak dijual di toko cat..cat glossy ini biasanya dipakai untuk mobil..nah pencampurannya adalah 1:4..dimana cat 1 thineernya 4…akan tetapi ini tidak pakem..boleh dicoba sesuai kekentalan yg anda suka..cara menyemprotkannya paling bagus pakai kompressor…demikian info dari kami semoga bermanfaat

      Hapus
  2. saya mau tanya kalau pakek stiker decal ditempel dimug iku bagusnya pakek tinta apa ya??? klo tinta dye bisa gak???

    BalasHapus
  3. mau nanya kertas decal belinya di mana ya, apa bisa kita buat sendiri?

    BalasHapus
  4. mas saya mw tanya yang jual kertas decal di malang d mana tempatnya

    BalasHapus
  5. apa kertas Decal bisa Di aplikasikan pada bahan sandal jepit Karet( seperti swallow )..

    BalasHapus
  6. apa kertas Decal bisa Di aplikasikan pada bahan sandal jepit Karet( seperti swallow )..

    BalasHapus
  7. Apa tinta untuk sablon kertas decal sama seperti tinta PVC pada umumnya untuk tinta kertas,

    BalasHapus
  8. ini orang gak niat kali dagang...masa pertanyaan calon. costumer gak di jawab2

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan lupa berkomentar ya......