DROPDOWN MENU

Gadget Text

TIPS & TRIK CARA MEMBUAT STIKER TIMBUL (DOME STICKER), MENGEPRINT STIKER VINYL/MIKA DENGAN PRINTER DESKTOP BIASA, DAN SERBA-SERBA MENCETAK GAMBAR DIGITAL DI KAOS

TERTARIK? SILAHKAN KLIK LINK 1 (STIKER TIMBUL), LINK 2 (PRINT DI VINYL/MIKA) DAN LINK 3 (CETAK KAOS DIGITAL)
INFO DAN KONSULTASI HUBUNGI 082139434212 ATAU VIA BBM PIN 54F48CC2

Sabtu, 18 Februari 2012

Membuat Brosur, Leaflet, dan cetakan dari printer yang tahan air

http://4.bp.blogspot.com/_vZ5rTzB2s3c/SgJhuGjbSUI/AAAAAAAAABY/eFDl03OBQ7U/s320/brochure_template.jpg
Anda ingin membuat brosur atau leaflet namun tidak punya biaya yang cukup untuk mencetaknya dengan mesin offset ? Biasanya mencetak melalui percetakan yang menggunakan mesin offset memang memerlukan biaya yang cukup besar, selain itu pesanannya pun tidak bisa sedikit biasanya minimal 1000 lembar.. lantas bagaimana kalo kita ingin mencetak kurang dari 100 lembar? Jelas saja percetakan offset tidak mau dan harganya jadi mahal karena untuk membuat filmnya aja uda lumayan biayanya.
Solusinya adalah dengan menggunakan printer biasa anda, tetapi yang jadi permasalahan adalah tinta printer yang biasa kita gunakan tidak tahan dengan air.  Bagaimana caranya agar hasil print tersebut tidak luntur dengan air?  Sebelumnya anda harus mengenal beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat brosur atau leaflet :
  • Kertas HVS biasa, kertas ini adalah kertas biasa yang kita gunakan untuk mencetak dokumen terdiri dari 60 gram, 70 gram dan 80 gram ada juga yang 100 gram selain itu juga terdiri dari banyak warna.
  • Kertas Kuunstruk atau Art Paper, kertas ini biasanya digunakan pada mesin cetak offset… bentuknya licin dan mengkilap tetapi tinta printer kurang bagus bila dicetak pada kertas ini karena tidak mudah menyerap sehingga gampang meluber.
  • Inkjet Paper, kertas ini sangat terang dan cocok dicetak dengan printer biasa namun harganyapun lumayan mahal
Lalu bagaimana bila kita mencetaknya dengan printer biasa, bisakah tahan air ? Tentu tidak, tinta printer saat ini tidak mendukung hal tersebut kecuali ada tinta khususnya yaitu tinta Art paper (bisa dicari di Om Google dengan Keyword iNX Art Paper). Sedangkan untuk tinta biasa, berikut ini ada trik yang bisa anda gunakan :
  1. Print atau cetak brosur buatan anda di kertas biasa dengan printer anda
  2. Usahakan tidak menggunakan warna hitam untuk tulisan, karena tinta hitam biasanya susah kering dan mudah meluber.. solusinya bisa anda ganti dengan warna biru tua pekat mirip hitam atau warna lainnya
  3. Agar lebih menarik gunakan kertas HVS berwarna misalnya warna hijau, kuning, biru atau merah
  4. Setelah selesai mencetak semua brosur, siapkan sekaleng Cat Semprot dengan warna CLEAR merk nya terserah misal PILOX, TILOX, dsb (beli ditoko bangunan)
  5. Letakkan kertas brosur hasil cetakan anda pada lantai datar dan ruangan terbuka misalnya di teras, lapisi bagian bawahnya dengan koran bekas..
  6. Semprot secara tipis brosur cetakan tersebut dengan cat semprot CLEAR tersebut
  7. Keringkan sebentar, dan JREENNGG brosur anda mirip hasil cetakan dan terlapisi oleh lapisan cat CLEAR tersebut sehingga ANTI AIR..dijamin.
Mudah bukan? Selamat mencoba ya…? Sudah dibuktikan dan pengalaman bertahun2

2 komentar:

  1. makasih bos atas contekannya... ini emang informasi yang mujarab buat semua orang termasuk ane,soalnya ane bingung dari kemaren kenapa hasil print ane luntur kalo kena air..mana udah terlanjur beli banyak kertas art carton lagi..

    BalasHapus
  2. Ok Terimakasih gan informasi ny...!sangat berguna

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan lupa berkomentar ya......