DROPDOWN MENU

Gadget Text

TIPS & TRIK CARA MEMBUAT STIKER TIMBUL (DOME STICKER), MENGEPRINT STIKER VINYL/MIKA DENGAN PRINTER DESKTOP BIASA, DAN SERBA-SERBA MENCETAK GAMBAR DIGITAL DI KAOS

TERTARIK? SILAHKAN KLIK LINK 1 (STIKER TIMBUL), LINK 2 (PRINT DI VINYL/MIKA) DAN LINK 3 (CETAK KAOS DIGITAL)
INFO DAN KONSULTASI HUBUNGI 082139434212 ATAU VIA BBM PIN 54F48CC2

Sabtu, 27 September 2014

TIPS & TRIK CARA MENCETAK STIKER VINYL DAN MIKA DENGAN PRINTER DESKTOP RUMAHAN.





     Kali ini saya akan berbagi ilmu dengan Anda semua tentang tips dan trik cara mencetak media yang selama ini kita anggap mustahil bila dicetak dengan menggunakan printer desktop rumahan biasa. Berbagai jenis media yang masuk dalam kategori susah atau mustahil ini antara lain adalah: stiker vinyl, mika (ini terutama sangat dibutuhkan oleh para tukang sablon ketika mempersiapkan membuat klise), kain spoonbond, dll. Beberapa jenis kertas art paper juga sering kurang cocok bila kita cetak dengan printer desktop karena hasilnya jelek, warna tidak cemerlang dan sebagian besar tinta tertelan oleh serat kertas sehingga hasilnya melebar.

       Dalam tutorial kali ini saya hanya akan menunjukkan cara mencetak atau mengeprint untuk dua media saja, yaitu stiker vinyl dan mika. Untuk media lainnya Anda bisa berkreasi sendiri. Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah media yang hendak anda lapisi, yaitu stiker vinyl dan mika. Sedangkan bahan untuk melapisi kita gunakan cairan Magic Inkjet Coater. Untuk mengaplikasikan cairan Magic ini kita bisa menggunakan banyak  cara sebenarnya, tapi disini saya menyarankan Anda menggunakan dengan cara tradisional saja yang murah meriah, yaitu diolesi dengan jari, dengan kapas halus yang biasa dipakai untuk membersihkan muka, atau dengan spoon halus, rakel sablon, dll. Cara ini bisa digunakan dengan hasil yang bagus bila Anda melakukannya dengan teliti dan hati-hati. 

       
Langkah-langkah penggunaanya adalah sbb:
       Pertama pastikan permukaan stiker vinyl atau mika bersih dari debu ataupun cairan sejenis minyak. Kocok terlebih dulu cairan Magic lalu tuang cairan Magic ke kapas, lalu oleskan ke stiker vinyl atau mika yang kita taruh secara horizontal. Oleskan perlahan tipis-tipis saja dengan satu arah dan jangan terlalu ditekan. Pastikan tidak ada serat kapas yang tertinggal.  Biarkan cairan Magic mengering secara alami sekitar 15 menit. Untuk hasil terbaik, anda bisa mengoles ulang cairan Magic. Setelah itu tunggu sampai kering sempurna sekitar 30 menit. Nah sekarang stiker vinyl atau mika mika dengan lapisan inkjet siap untuk dicetak dengan menggunakan printer desktop rumahan. Untuk menjaga keawetan hasil cetak, jangan lupa untuk melapisinya dengan cat semprot acrilyc warna bening atau clear yang banyak kita jumpai di toko asesories motor.

NB. : Khusus untuk media cetak yang terbuat dari bahan sejenis plastik dan tidak berpori, seperti mika, plastik, stiker vinyl dan sejenisnya, saya sarankan untuk menggunakan tinta pigment atau tinta Art Paper, karena tinta-tinta jenis ini memiliki daya tempel yang sangat baik dan cepat kering. Jika Anda menggunakan tinta dye biasa maka hasilnya kurang optimal. Mohon catatan ini diperhatikan.

Harga cairan Magic Inkjet Coater Rp 25.000/80 ml.

Untuk cara pembelian dan potongan harga Klik DI SINI.


Untuk Info lebih lanjut, hubungi BBM PIN 54F48CC2.

Sekelumit Sejarah Resin Timbul.